Madu Obati Luka Penderita Diabetes

Tiara Anisa

(sanyfamily)

INILAH.COM, Jakarta – Bagi Anda penderita diabetes dan mengalami luka, mungkin bisa mencoba pengobatan alternatif berikut ini agar terhindar dari tindakan amputasi. Olesi madu pada kaki yang terluka.

Profesor Jennifer Eddy dari University School of Medicine and Public Health, Wisconsin, AS mengatakan, madu bisa membunuh bakteri karena sifat asamnya. Selain itu madu juga efektif menghindari sifat kebal bakteri akibat penggunaan antibiotik.

Dalam terapi madu ini, bagian yang luka baru bisa diolesi setelah kulit mati dibersihkan.

Pasien diabetes memang seharusnya sejak dini memperhatikan secara serius bagian kaki, terutama untuk mencegah terjadinya luka yang berlanjut dengan infeksi.

Penyakit diabetes bisa menyebabkan kerusakan pada saraf dan kerusakan pembuluh darahm serta infeksi yang membuat penderita diabetes mengalami mati rasa pada kakinya. Karena itu, biasanya penderita diabetes tidak menyadari telah terjadi luka pada kaki karena tak langsung tampak.

Terapi madu telah digunakan sebagai pengobatan alternatif di Eropa, bahkan di Selandia Baru terapi ini dipakai juga untuk mengobati sulit tidur. [L1]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s