Lima Penyebab Kegagalan Diet

By Republika Newsroom

Lima Penyebab Kegagalan Diet

DIET BENAR: Jangan Takut Makan. Setiap orang berbeda dan memiliki kebutuhan berbeda

Mengapa diet sering kali gagal? Banyak yang mengeluh sudah diet tapi berat badan sulit turun malah yang sering terjadi naik lagi. Ada yang turun tapi juga mudah sekali bertambah lagi.

Bila itu terjadi, cermati kembali pola diet anda. Diet untuk menurunkan berat badan pada dasarnya bukan  untuk masalah penampilan. Hal terpenting adalah alasan kesehatan. Berat badan berlebih apalagi obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit dan memicu masalah seputar kesehatan.

Jika anda merasa upaya diet anda mentok bisa jadi anda terjebak dalam lubang diet. Ada lima kesalahan paling umum, yang sering dilakukan para pelakut diet.menurut, Bethenny Frankel, ahli nutrisi sekaligus koki handal khusus menu alami kalangan selebriti AS. Berikut lima kesalahan utama tersebut serta saran Bethenny untuk memperbaikinya.

  • Menyimpan untuk acara khusus. Sering kali orang menahan tidak makan karena ada acara spesial. Melewatkan makan hanya demi terpuaskan dengan menu acara khusus adalah kesalahan besar. Justru sikap ini akan semakin menggoda anda memasukkan banyak kalori ke dalam tubuh. Belum lagi jenis makanan dalam pesta sering mengandung lemak dan kolesterol tinggi.Jika anda tahu akan tergoda saat pesta atau acara berlangsung, sangat penting untuk melakukan pilihan pintar. Jangan makan lebih sedikit daripada asupan normal harian, atau anda hanya akan menghancurkan program begitu makanan lezat berkolesterol tinggi di pesta berada di jangkauan anda.
  • Terlalu ketat dengan salad dan sayuran. Tidak ada yang salah dengan menambah asupan sayuran dalam diet anda. Namun berpikir semua sayuran aman tidak akan membantu anda mengurangi bobot tubuh. Tentu kacang merah, selada kriting, tomat, sangat baik untuk tubuh, tapi waspadalah dengan sausnya. Saus salad dapat menjadi jebakan kalori anda.
  • Olahraga berlebihan. Setiap orang paham jika diet adalah masalah program tubuh. Anda harus membakar kalori lebih banyak dari yang anda konsumsi. Tapi jangan terlalu banyak berolahraga hingga kelelahan. Jika anda bergerak terus di atas treadmill misal tanpa bahan bakar cukup justru anda akan mengakhiri olahraga dengan perut lapar–dan tentu membuat anda tergoda lagi untuk memasukkan makanan. Tetap jaga semua secukupnya. Terus berolahraga tapi jangan sampai maniak berolahraga.
  • Berpikir setiap hari adalah sama. Misal, setiap hari anda sarapan dadar telur putih untuk sarapan, yoghurt untuk kudapan tengah hari, sup dan salad sebagai menu makan siang, hanya saja hari ini ada lapar pada pukul 3 sore. Sering kali para pelaku diet mengatakan pada diri sendiri untuk menghiraukan tanda-tanda rasa lapar dan mencoba tidak makan apapun hingga makan malam. Masalahnya anggapan ini justru membuat diet anda gagal.Setiap hari adalah berbeda. Anda mungkin lelah, ada pengaruh hormonal berbeda, atau hanya sekedar lebih lapar di hari ini. Anda perlu mendengarkan tubuh anda. Jika anda lapar makan kudapan kecil. Pelajari perbedaan antara lapar sesungguhnya dan keinginan ngemil, dan respon dengan tindakan benar.
  • Memakan terlalu sedikit kalori. Jangan terlalu takut dengan makan. Banyak orang khususnya wanita menjaga asupan kalori begitu berlebihan hingga tampak konyol. Lucunya mereka langsung kalah secara emosional ketika gagal memenuhi target mereka. Setiap orang berbeda, jadi jangan terlalu fokus terhadap jumlah. Jaga porsi tetap seimbang dan tinggalkan hitung-hitungan kalori kepada ahli matematika./diet.health.com/itz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s