Beberapa Bentuk Ramuan Herbal

teh-serai

  • seduhan

cairan seduhan ini terbuat dari akar, kulit kayu, daun, atau biji yang digiling atau ditumbuk, dengan menuangkan air mendidih pada tanaman obat tersebut dan membiarkannya selama 10-30 menit, mungkin kadang-kadang dengan mengaduk campuran tersebut. Cairan yang dihasilkan disaring dan digunakan. Seduhan dingin bisa dibuat jika prinsip-prinsip aktifnya dihasilkan dari tanaman obat tanpa menggunakan panas atau sebaliknya. Namun sekarang dengan perkembangan ilmu, seduhan kini dapat dikemas dalam kantong teh untuk lebih praktisnya, dan tidak mengurangi khasiatnya.

  • herbal+1
  • Rebusan

Rebusan ini dipersiapkan  dengan menggunakan kulit kayu dan akar-akarnya yang telah dipotong-potong, atau digiling yang ditempatkan dalam panci stainless steel atau panci enamel ( bukan alumunium ) dengan air dingin yang dituangkan. Campuran ini direbus selama 20-30 menit, didinginkan, dan disaring. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal bila diminum hangat-hangat.

  • Tablet

Tablet ini dibuat dengan memadatkan obat-obatan ke dalam bulatan kecil. tablet lebih mudah diberikan dan memiliki aksi yang lebih cepat karena langsung dapat larut lebih cepet didalam perut.

  • Ekstrak cair

Ekstrak ini merupakan bentuk cairan yang paling kental di mana obat-obatan herbal bisa disimpan dalam persediaan obat dalam rumah tangga. Ekstrak cair merupakan obat yang sangat popular dan praktis.

  • Pil

Obat obatan herbal sekarang banyak yang berupa pil. Biasanya pil terdiri atas ekstrak-ekstrak padat  yang dapat dikombinasikan dengan obat-obatan yang lainnya. Pil tersebut bisa salut dengan gula atau zat lain yang enak rasanya yang mudah larut dalam perut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s