Atasi Dengan Bahan Alami

Atasi Dengan Bahan Alami

Keluhan kesehatan yang ringan tak selalu harus diatasi dengan obat. Kita bisa kembali ke alam untuk menemukan solusi yang tepat. Mulai dari bau mulut, cegukan, hingga luka bakar.

Meredakan sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan kerap membuat kita sulit bicara dan menelan makanan. Sembuhkan dengan bawang putih. Caranya, berkumurlah dengan segelas air hangat yang sudah dicampur dengan 6 siung bawang putih  yang sudah dihancurkan. Lakukan selama 3 hari.

Dr.Ronald Hoffman, MD, direktur medik Hoffman Center, New York, menyatakan bahwa bawang putih, terutama yang segar, sangat ampuh membunuh bakteri. Menurut penulis Alternative Cures That Really Work ini, hal ini dikarenakan bawang putih mengandung semacam antibiotik.

Menyembuhkan cegukan
Cegukan tidak hanya diakibatkan karena kita tersedak makanan, tetapi juga bisa oleh stres. Ketika stres, hormon kortisol masuk ke dalam darah, menyebabkan diafragma menjadi tegang dan otot di sekitar pita suara berkontraksi. Akibatnya, kita jadi cegukan.

Cara termudah untuk meredakannya adalah dengan menelan 1-2 sendok teh gula pasir. Butiran gula pasir mampu merelakskan saraf yang tegang. Sebagai pengganti gula juga bisa menggunakan garam. Tetapi, gula merupakan pilihan yang baik karena rasanya manis.

Mengatasi luka bakar
Untuk mendinginkan luka akibat minyak panas, oleskan gel yagn didapat dari dalam bagian dalam daun lidah buaya ke bagian kulit yang luka. Menurut dr.Mochtar Wijayakusuma, lidah buaya mengandung polisakandra dan alpaktin B yang berkhasiat menyembuhkan luka bakar ringan dan mencegah infeksi.

Menghilangkan bau mulut
Berkumurlah dengan secangkir kecil perasan lemon. Setelah itu, makanlah yogurt tawar yang mengandung bakteri lactobacillus. Selain menghilangkan bau mulut, bakteri jenis ini juga memiliki manfaat tambahan, yaitu dapat memelihara kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Kombinasi lemon dan yogurt sangat efektif untuk menetralisir bau mulut dalam waktu yang relatif cepat. Bahkan, manfaatnya dapat bertahan hingga 12-24 jam setelah pemakaian.

Melemaskan otot kaku
Sirkulasi darah dan cairan getah bening yang tidak lancar dapat menyebabkan otot terasa sakit dan kaku. Jika ini terjadi, mandilah dengan air panas selama 20 menit dan air dingin 10 menit secara bergantian, saran Laurie Steelsmith, penulis Choices for Women’s Health.

Siraman air panas di tubuh kita mampu melebarkan pembuluh darah. Sedangkan air dingin berfungsi untuk menciutkan pembuluh darah. Selesai mandi, kita akan merasakan aliran darah lancar kembali.

Menyembuhkan insomnia
Insomnia atau sulit tidur dapat menyebabkan kesehatan kita terganggu. Untuk menyembuhkannya, makanlah segenggam buah ceri sebelum tidur. Ceri mengandung melatonin, yaitu hormon yang menyebabkan kita mengantuk. Setelah menyantap ceri, mandilah menggunakan air panas untuk melemaskan otot-otot tubuh. Kemudian, nyalakan aromaterapi lavender. Harum bunga lavender akan membuat tidur kita semakin nyenyak.

Sumber : Prevention Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s