Cupping Therapy Redakan Sakit Otot

FIBROMYALGIAmerupakan penyakit menyebabkan nyeri, kekakuan, dan kepekaan dari otot-otot, tendon-tendon, dan sendi-sendi. Selain itu, penyakit yang belum diketahui penyebabnya ini juga ditandai dengan tidur gelisah, bangun dengan perasaan lelah, kelelahan, ketakutan, depresi, dan gangguan fungsi usus. Umumnya menyerang otot dan sangat mengganggu dan tidak menimbulkan peradangan seperti rematik.

cupping theraphy

cupping theraphy

Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa mencoba ragam pengobatan medis konvensional dan alternatif yang tersedia. Salah satu terapi yang umum digunakan adalah cupping therapy.

Apa itu cupping therapy? Terapi ini diadaptasi dari sistem pengobatan tradisional China yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit, mengeluarkan racun-racun, dan memperbaiki sistem peredaran darah dalam tubuh dengan cara menempelkan cangkir ke permukaan kulit. Masing-masing cangkir kaca berperan sebagai vakum setelah melalui proses pemanasan terlebih dahulu. Cangkir-cangkir kaca ini diletakkan di permukaan kulit tepat pada titik akupunktur dan biasanya dibiarkan selama 10-15 menit.

Pada dasarnya, ada dua jenis cupping therapy. Dan, cangkir-cangkir ini akan digunakan sesuai dengan jenis terapi yang digunakan. Pada massage cupping, cangkir-cangkir akan digerakkan dalam pola pijat di sekitar kulit untuk memijat persendian dan otot-otot yang sakit. Sedang pada stationary cupping, cangkir-cangkir akan diletakkan di titik-titik akupunktur dan sama sekali tidak dipindahkan sampai sesi terapi berakhir.

Proses terapinya
Terapis akan menggunakan perlengkapan seperti cangkir kaca, bola kapas, alkohol, lilin dan korek api. Bola kapas akan direndam di dalam alkohol kemudian dinyalakan dan diletakkan di dalam cangkir untuk menciptakan ruang hampa udara (vakum). Begitu cangkir sudah vakum, maka akan langsung diletakkan pada titik akupunktur dan dibiarkan sekitar 15 menit. Satu sesi biasanya menggunakan 4-6 cangkir.

Anda tidak perlu takut dengan panasnya. Pasien yang telah menjalani terapi sama sekali tidak merasa sakit bahkan merasa nyaman. Setelah sesi selesai, di permukaan kulit akan muncul tanda lingkaran merah di bawah cangkir. Tanda merah ini akan memudar. Hal ini sekaligus menandakan kalau cupping therapy sudah berhasil meningkatkan aliran darah di dalam tubuh.

Manfaat

Setelah menjalani sesi terapi, pasien biasanya melaporkan merasa jauh lebih relaks. Selain itu, area cangkir ditempatkan terasa ringan. Hal ini karena terapi telah bekerja meningkatkan sirkulasi, melepaskan racun-racun dari dalam tubuh, mempercepat pemulihan otot-otot, tendon serta jaringan ikat sendi. Selain itu, pasien fibromyalgia melaporkan mengalami pengurangan rasa sakit atau kekakuan di otot-otot dan jaringan, mengalami pengurangan rasa sakit di titik-titik akupukntur, mengalami perbaikan kelenturan dan menambah daya jangkau gerak, megurangi perasaan depresi dan cemas, serta meredakan stres.

Anda tertarik untuk mencoba? Pastikan tidak melakukannya sendiri. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi terapis yang tepat. (OL-08)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s