Redakan Sakit dengan Osteopati

2009_07_06_03_19_45_orig_osteopathy-d

ANDA sering sakit kepala atau sakit di leher atau punggung? Mungkin Anda bisa mencoba pengobatan osteopati. Sistem pengobatan ini telah dikembangkan sekitar 100 tahun yang lalu oleh seorang dokter pada perang sipil Amerika yang dikenal dengan nama Andrew Still. Dokter ini dinyatakan selalu mengatasi sakit kepalanya dengan cara meretakkan lehernya. Menurut Still, tulang belakang merupakan sumber kesehatan. Jadi, daripada menggunakan obat-obatan, Still lebih suka mengembangkan prinsip manipulasi persendian yang diyakini bisa mengembalikan kemampuan tubuh dalam menyembuhkan diri.

Rasa sakit, baik di kepala,leher, atau punggung, berdasarkan pengobatan osteopati, disebabkan oleh ruas-ruas tulang belakang yang tidak berada pada tempatnya. Hal ini akan membuat tubuh tidak bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Osteopati menekankan sistem pengobatan pada kesatuan struktur tubuh. Gangguan atau funsgi struktur tubuh yang tidak normal merupakan penyebab rasa sakit dan gangguan yang dialami oleh pasien.

Terapis dalam pengobatan ini, yang disebut dengan osteopath, akan mendiagnosis penyakit pasien dengan melihat titik postur. Osteopath akan melihat cara Anda berjalan serta postur tubuh secara umum. Dengan cara ini, terapis bisa menemukan ketidaknormalan dalam struktur tubuh, seperti posisi bahu yang tidak sejajar, di mana bahu yang satu lebih tinggi dari yang lain.

Cara kerja osteopati

Berdasarkan prinsipnya yang menyatakan kalau sumber penyakit berasal dari gangguan struktur tulang belakang, maka osteopath akan mengembalikan tulang ke tempat sebenarnya dengan cara manipulasi persendian. Cara ini dinyatakan bisa meredakan gejala sakit yang dialami. Selain itu, sama seperti terapi holistik lainnya, osteopati juga meyakini kalau kesehatan memerlukan keseimbangan sehingga osteopathjuga akan memperhitungkan gaya hidup, seperti lingkungan, nutrisi, serta postur pasien.

Osteopath akan memperhatikan setiap tanda atau lesi yang menunjukkan adanya gangguan persendian yang membuat sendi tertahan dan tidak bisa bergerak seperti fungsi alaminya. Lesi pada punggung bagian bawah bisa menghalangi peredaran darah sehingga menimbulkan penyakit, serta menyebabkan kerusakandisc dan peradangan saraf. Lesi ini biasanya tidak terdeteksi dengan sinar-X.

Osteopath
akan mendeteksi area tubuh tertentu dengan menggunakan tangan. Selanjutnya, osteopath akan menggunakan beberapa teknik termasuk meretakkan tulang belakang, manipulasi jaringan lunak yang menyerupai teknik pijat, terapi manipulasi osteopati yang digunakan untuk mengembalikan gerakan sistem tulang, atau menggerakkan persendian untuk mengembalikan kesesuaian otot. Teknik yang digunakan bergantung pada masalah yang dialami pasien.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s