Manfaat Hipnotis Bagi Kesehatan

tranceyouout.com

tranceyouout.com

PERNAHKAH Anda terbuai sepenuhnya saat membaca buku, memasak atau menonton film? Apakah Anda sampai pada satu titik di mana Anda sama sekali tidak menyadari keberadaan di sekeliling Anda? Jika pernah, berarti Anda telah mengalami kondisi setengah sadar, sama seperti situasi di bawah pengaruh hipnotis.

Apakah hipnotis bermanfaat bagi kesehatan? Meskipun efek medisnya belum dipahami sepenuhnya, hipnotis dinyatakan bisa membantu berbagai kondisi, mulai dari phobia, membantu meredakan sakit akibat kondisi kronis hingga meredakan gejala-gejala asma bahkan membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Apa itu hipnotis? Hipnotis atau yang sering juga disebut dengan hipnoterapi merupakan kondisi pikiran dalam keadaan setengah sadar. Kondisi ini biasanya bisa dicapai dengan bantuan hipnoterapis. Saat berada dalam pengaruh hipnotis, perhatian Anda akan lebih fokus, Anda merasa nyaman dan relaks, Anda lebih terbuka terhadap saran serta kurang kritis. Karena begitu, hipnoterapis bisa membantu Anda mengendalikan tingkah laku, emosi dan kondisi fisik Anda.

Bagimana cara kerjanya? Menurut para hipnoterapis, hipnotis menciptakan pikiran yang sangat relaks dan tenang. Saat dihipnotis, Anda bisa konsentrasi sepenuhnya terhadap satu pikiran, ingatan, perasaan atau sensasi tertentu dan bisa mengabaikan segala gangguan dari luar. Anda menjadi jauh lebih terbuka dalam menerima saran, dan hal ini bisa digunakan untuk mengubah tingkah laku dan karenanya akan meningkatkan kesehatan dan kondisi  fisik Anda secara umum.

Apa saja manfaat hipnotis? Hipnoterapi potensial meredakan gejala-gejala berbagai penyakit dan kondisi. Hipnotis bisa digunakan secara terpisah atau dipadukan dengan pengobatan lainnya. Sebagai contoh, hipnotis merupakan salah satu dari beberapa metode relaksasi untuk mengatasi rasa sakit kronis yang telah diterima oleh panel independen di bawah National Institutes of Health.

Berdasarkan hasil studi, hipnoterapi bisa digunakan untuk:

  • Mengubah perilaku negatif, seperti merokok, ngompol dan makan berlebih
  • Mengurangi atau menghilangkan rasa takut, stres dan kecemasan
  • Mengurangi rasa sakit saat melahirkan
  • Mengontrol rasa sakit  saat menjalani proses operasi atau perbaikan gigi
  • Meredakan gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan lambung dan usus
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala, termasuk migrain
  • Mengatasi dan meredakan gejala asma
  • Mempercepat pemulihan beberapa penyakit kulit, termasuk wart, psiorasis dan atopic dermatitis

Meskpiun hipnotis potensial untuk mengatasi berbagai gangguan, biasanya dikombinasikan dengan pengobatan lain. Sama seperti terapi lainnya, hipnotis bisa efektif pada beberapa orang tetapi mungkin tidak terlalu efektif untuk orang lain. Hipnotis kelihatannya bekerja paling efektif jika Anda sangat termotivasi disertai dengan terapis yang terlatih.

Teknik

Ada berbagai teknik hipnotis dan pendekatan yang Anda pilih bergantung pada tujuan serta kesukaan Anda. Hipnoterapis Anda tentunya bisa membantu menemukan teknik terbaik sesuai dengan kondisi Anda. Sebagai contoh,  hipnoterapis mungkin menggunakan teknik bebicara dengan nada lembut dan nyaman kemudian menggambarkan image yang membuat Anda relaks dan merasa aman. Saat berada dalam pengaruh hipnotis, hipnoterapis akan memberikan saran untuk mencapai apa yang Anda inginkan, misalnya mengurangi rasa sakit atau stres atau membantu menghilangkan keranjingan merokok.

Dalam teknik lain, hipnoterapis bisa menstimulasi imaginasi Anda dengan memberikan gambaran mental yang spesifik untuk divisualisasikan. Meskipun begitu, setiap hipnoterapis mungkin saja mempunyai gaya yang berbeda.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s