Hipnoterapi Tawarkan Alternatif Pengobatan

treatment_types_hypnotherapy

LONDON – Terapi hipnotis lebih diminati para pasien ketimbang harus dibius menggunakan suntikan sebelum menjalankan oprasi bedah.

Ketika menjalankan operasi pada leher, Marquis Marianne yang juga berprofesi sebagai dokter bedah saat operasi berlangsung, selalu membayangkan kalau dirinya sedang berada di pantai. Saat dia mendengar suara para dokter yang mengoperasinya, ia membayangkan kalau dirinya sedang di pantai dan jari-jari kakinya sedang menginjak pasir yang basah.

Hal tersebut karena Marianne telah dihipnotis terlebih dahulu sebelum operasi pengangkatan tiroid dilakukan. Dia termasuk salah satu pasien yang ‘menambah’ jumlah pasien bedah di rumah sakit Belgia, Cliniques Universitaires St. Luc di Brussels. Rumah sakit ini memilih hipnotis dan anestesis lokal untuk menghindari efek sakit dari anestesi umum.

Pasien-pasien ini juga dibius terlebih dahulu tetapi dengan keadaan sadar, sedangkan waktu pemulihan mereka ternyata lebih cepat dan kebutuhan akan obat penghilang rasa sakit menjadi berkurang. Metode ini juga layak untuk beberapa jenis operasi.

Selama operasi, Marianna membayangkan jika dirinya berada di sebuah lapangan dekat pantai. Dokter spesialis anestesi yang melakukan bedah akan membisikan sesuatu ke telinganya, 10 menit sebelum operasi dilakukan. Dia ingat apa yang diakatakan dokter, namun dokter tersebut mengatakan seolah-olah mereka berada di tempat yang jauh.

Sejak para dokter mulai menawarkan terapi hipnotis di rumah sakit tersebut pada tahun 2003, ratusan pasien telah memilih untuk menggunakan terapi hipnotis sebelum mereka dioperasi.

Ini bukan hal yang baru di dunia medis. Pasalnya rumah sakit lain di Belgia, telah menggunakan cara ini kepada lebih dari 8.000 operasi sejak tahun 1992.

“Hampir semua operasi biasanya dilakukan dengan bius lokal. Namun, setelah menggunakan hipnotis kebutuhan akan obat bius menjadi berkurang,” ungkap para dokter, seperti dikutip Straits Times, Rabu (27/7/2011).

Pasien menyatakan bahwa hipnotis dapat menghilangkan rasa bosan yang biasa mereka rasakan, yaitu sakitnya disuntik bius dan ini juga dapat menghemat biaya rumah sakit. Dengan hipnotis pasien akan lebih cepat pulih dan ini jelas menghemat biaya rumah sakit mereka.

Nampaknya terapi ini mungkin memerlukan dokter yang akan menghabiskan banyak waktu dengan pasien sebelum operasi dimulai untuk melakukan hipnotis terlebih dahulu. Para doketer juga membutuhkan pemantauan ekstra hati-hati selama operasi berlangsung. (tyo)

Sumber : okezone.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s