Gagap dan Disfungsi Ereksi pun Bisa Diatasi dengan Hipnoterapi

Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Melalui hipnoterapi yakni dengan masuk ke pikiran bawah sadar, akar masalah seseorang merasa tidak nyaman dalam melakukan sesuatu bisa diketahui misalnya mengapa seseorang sulit melupakan masa lalu atau takut pada sesuatu. Tapi tak hanya itu saja, hipnoterapi juga bisa mengobati gagap dan disfungsi ereksi, lho.

“Gagap bisa diatasi karena bisa jadi itu trauma pada anak, ketika dia nangis sesenggukan maka langsung disuruh berhenti oleh orang tuanya apalagi dengan ancaman, kan tangisnya langsung tertahan. Itu lama-lama bisa mempengaruhi anak jadi gagap juga,” kata hipnoterapis, Dr Adi W Gunawan dalam Media Workshop ‘Menavigasi Pikiran dengan Hipnoterapi Klinis’ di Mercantile Athletic Club, Gedung WTC II, Karet Setiabudi, Jakarta.

Selain itu, menurut Adi, gagap juga bisa terjadi karena si anak meniru figur lain misalnya tokoh kartun. Ketika melihat ada kartun atau tayangan televisi dengan tokoh gagap, dia anggap itu lucu maka dia akan menirunya. Terutama ketyika anak masih berusia di bawah tiga tahun di mana dia belum bisa memfilter hal-hal yang ia temui.

Hipnoterapi juga bisa membuat seseorang menerapkan pola hidup sehat. Contohnya, saat ia harus mengonsumsi menu dari seorang ahli gizi, ia akan merasa bahwa menu yang diberikan tidak enak. Ketika dibawa ke pikiran bawah sadarnya, maka terapis akan ‘memrogram’ bahwa makanan itu sebenarnya enak sehingga ia bisa mengonsumsi makanan itu. Lantas, bagaimana dengan masalah disfungsi ereksi?

“Disfungsi ereksi yang terjadi akibat rasa bersalah. Contohnya pria yang sehat tiba-tiba dia tidak bisa ereksi. Ternyata dia pernah berselingkuh dan merasa bersalah pad istrinya. memang dia sudah minta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi, tapi ada hukuman dari dirinya sendiri atas kesalahan yang ia buat,” jelas Adi.

“Maka dengan hipnoterapi, rasa bersalah itu perlahan-lahan akan dihilangkan misalnya lewat sugesti sehingga bisa mengembalikan kepercayaan diri si klien bahwa ia tidak perlu merasa bersalah lagi dan bisa kembali menjalankan fungsi seksualnya dengan baik,” imbuhnya.

Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi ketidaknyamanan yang dirasakan seseorang yakni dengan memberi sugesti. Lalu, bisakah jika seseorang mensugesti dirinya sendiri? “Bisa, yaitu kuncinya rileks. Setelah merasa dirinya nyaman, katakan pada diri sendiri bahwa saya bisa, tapi bisa apa? bisa kurus, bisa sembuh. Atau saya pasti semangat, semangat apa? semangat untuk belajar semangat bekerja,” kata Adi.

Pria asal Surabaya ini juga mengingatkan bahwa hipnosis berbeda dengan sulap di mana ketika diterapi, kliennya dalam keadaan tidak sadar, “Hipnosis bukan magic. Itu hanya suatu prosedur di mana seseorang mencapai kondisi sangat rileks dan dia tetap dalam keadaan sadar sepenuhnya,” tutur Adi.

Pada otak, terdapat empat gelombang yaitu beta, alpha, theta, dan delta. Gelombang beta menunjukkan kekuatan pikiran sadar seseorang, sedangkan theta adalah gerbang untuk memasuki pikiran bawah sadar. Nah, pikiran bawah sadar dan nir sadar ditunjukkan dengan kekuatan gelombang theta dan delta.

Ketika seseorang rileks, makin lama makin rileks sampai dia sangat rileks, maka dia bisa menembus pikiran bawah sadarnya. Saat bisa masuk ke pikiran bawah sadar, banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya mencari di mana munculnya masalah yang menyebabkan seseorang tidak merasa nyaman ketika ingin melakukan sesuatu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s